Dwiyuni's Blog

Mencari Jati Diri Yang Abadi

75 Persen Kabupaten-Kota di Indonesia Belum Miliki BPBD

75 Persen Kabupaten-Kota di Indonesia Belum Miliki BPBD
Rabu, 13 Oktober 2010 16:51 WIB
Yogyakarta, (tvOne).

Deputi Pencegahan Kesiapsiagaan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sugeng Tri Utomo mengatakan, hingga kini baru 125 dari 500 atau 75 persen dari kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Padahal, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) merupakan salah satu instrumen penting untuk penanggulangan risiko bencana dari pusat ke daerah,” katanya di sela seminar “Perubahan Iklim di Indonesia” di Fakultas Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu, (13/10).

Menurut Sugeng, pembentukan BPBD telah diamanatkan dalam undang-undang (UU), dan pembentukannya merupakan kewenangan masing-masing daerah. UU mengharuskan pembentukan badan penanggulangan risiko bencana dan pemerintah daerah membentuk BPBD.

“Penanggulangan bencana yang ada di daerah kewenangan pembentukannya ada pada masing-masing pemerintah daerah. Sebagian besar pemerintah daerah sudah sadar untuk membentuk tetapi belum ada dana,” katanya.

Ia mengatakan, dalam penanganan pengurangan risiko bencana diperlukan adanya sinergi antara dua komponen yang berbeda, yakni pengurangan risiko bencana itu sendiri dan penataan ruang. Hal itu seperti yang tertuang dalam UU Nomor 24 dan 26 tahun 2007.

“Kedua komponen itu memerlukan satu titik temu agar mengetahui implementasinya seperti apa,” katanya.

Menurut dia, UU Nomor 24 Tahun 2007 mengamanatkan untuk menyusun rencana penanggulangan bencana yang semua basisnya adalah peta rawan atau risiko bencana.

“Dalam hal ini perlu sinkronisasi dari kedua UU tersebut, yakni dibuat pemetaan risiko bencana terlebih dulu baru dilanjutkan ke panataan ruang,” katanya. (Ant)

25 Oktober 2010 - Posted by | Bencana Alam

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: